Jogja

4 Pantai Eksotis di Jogja Selain Pantai Parangtritis Part 2

pantai jogaj

FAQ Travel – Setelah di artikel sebelumnya saya membahas mengenai Pantai Goa Cemara dan Pantai Glagah pada bagian ke-2 ini saya akan membahan dua pantai lainnya yang semuanya berada di wilayah kabupaten Gunungkidul. Penasaran pantai mana saja yang akan saya bahas? berikut selangkapnya.

Sebagai warga asli kelahiran Jogja, bagi saya Gunungkidul merupakan satu-satunya daerah yang belum saya kenali dengan baik meskipun sudah berkali-kali jelajah baik sendiri maupun berombongan. Hal inilah yang membuat saya selalu penasanran dengan berbagai daerah di seputar Gunungkidul, lokasinya yang bisa dibilang paling luas di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta serta akses jalannya yang terbilang masih sulit (pegunungan) membuat beberapa hal masih belum tersentuh dengan budaya modern.

Kalau kalian pergi keliling daerah-daerah di Gunungkidul saat ini masih banyak ditemui orang-orang yang masih berjalan kaki ke sawah ataupun ke pasar yang jaraknya belasan kilometer. Masih banyak juga joglo kuno atau rumah limasan yang dindingnya terbuat dari anyaman bambu seperti yang sering kita lihat di era tahun 70an. Suasana ini mengingatkan saya dengan rumah kakek saya yang ada di Bantul sebelum terkena gempa tahun 2006. Ya, hampir 90% joglo dan rumah tipe lama di daerah Bantul kini sudah diperbarui dengan desain dan material yang lebih baru setelah gempa tahun 2006.

Kondisi yang masih alami ini juga masih terjaga hingga ke daerah pesisir, di Gunungkidul para nelayan sebagian besar memang sudah menggunakan kapal mesin untuk melaut, namun kondisi pantainya masih terjaga dari tanda-tanda kerusakan lingkungan.

Pantai Sundak merupakan salah satu pantai yang layak untuk dikunjungi, pantai ini memiliki karakteristik pasir putih bersih layaknya pantai yang ada di wilayah timur Indonesia. Di bibir pantai sisi kanandan kiri juga terdapat bukit-bukit karang kuno yang terangkat dari dasar laut ratusan tahun yang lalu. Sulit dipercaya memang jutaan kubik karang dari dasar laut bisa terangkat ke permukaan dan menjadi ribuan bukit yang kini kita kenal sebagai pegunungan seribu.

Di Pantai Sundak biasanya juga terdapat aneka biota laut, seperti ubur-ubur atau bulu babi yang jarang ditemukan di pantai-pantai di kawasan lain di Bantul maupun Kulon Progo. Ada sisi positif dan sisi negatif dari masih banyaknya ragam biota laut di sekitar pantai Gunungkidul ini, dari sisi positif hal ini menunjukkan kalau ekosistem masih terjaga dengan baik sehingga hewan dan tumbuhan laut bisa tetap hidup di bibir pantai. Sedangkan dari sisi negatif hal ini cukup berbahaya bagi wisatawan yang berkunjung ke pantai, tidak jarang wisatawan yang tidak berhati-hati terkena ubur-ubur atau menginjak bulu babi saat bermain di bibir pantai.

Kondisi hampir sama juga ada di Pantai Jogan, pantai ini sangat unik karena di bibir pantai terdapat air terjun yang mengalirkan air dari sungai ke laut lepas, di pantai Jogan wisatawan bisa menuruni anak tangga untuk menuju ke bibir pantai saat kondisi air sedang surut.

Selain masih asri, kondisi pantai juga tidak terlalu ramai jadi sangat cocok jika ingin mencari spot foto terbaik di pantai-pantai ini.

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top