Jogja

4 Pantai Eksotis di Jogja Selain Pantai Parangtritis

pantai goa cemara

FAQ Travel  Pantai Parangtritis memang masih menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung ke Jogja hingga saat ini, keindahaan pantai dan cerita mistisnya yang melegenda memang tidak bisa ditemukan di pantai-pantai lain, entah sudah sejak kapan Pantai yang terletak di Kabupaten Bantul ini mulai populer dikalangan wisatawan saya juga kurang tahu.

Selain Parangtritis di Jogja juga banyak terdapat pantai-pantai eksotis lainnya yang berderet sepanjang pesisir selatan. Beberapa pantai sudah cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal, namun tidak cukup banyak dikenal oleh wisatawan nasional atau turis asing karena akses dan fasilitasnya yang masih terbatas.

Salah satu pantai yang memiliki karakteristik tersendiri yaitu Pantai Goa Cemara yang berada di sebelah barat Pantai Parangtritis, Pantai ini banyak dikunjungi wisatawan lokal karena di sepanjang bibir pantai terdapat banyak pohon cemara laut yang tumbuh berderet hingga menyerupai goa atau lorong. Jarak Pantai Goa Cemara sendiri sebenarnya tidak terlalu jauh dari Parangtritis kira-kira hanya berkisar kurang dari 10 kilometer dari lokasi wisata Parangtritis, jika ditempuh dengan sepeda motor hanya butuh waktu 15-20 menit. Tapi sayangnya fasilitas dan akses menuju Pantai Goa Cemara masih belum sebagus di kawasan Pantai Parangtritis sehingga wisatawan dari luar daerah yang daang menggunakan bis jarang yang berkunjung ke pantai ini.

Selain Pantai Goa Cemara, ada satu lagi pantai yang memiliki karakteristik unik, yakni Pantai Glagah. Lokasinya berada di kabupaten Kulon Progo, Jika kalian pernah mendengar berita tentang pembangunan proyek New Yogyakarta International Airport lokasi pantai Glagah ini persis di dekat lokasi bandara baru yang akan di bangun.

Pantai ini menawarkan pemandangan dari beton-beton pemecah ombak pantai selatan, beton pemecah ombak yang jumlahnya ratusan ini di tanam di sekitar tanjung beton buatan yang menjorok dari bibir pantai hingga lepas pantai sejauh 100 meter. Wisatawan biasanya berjalan kaki menuju gubuk kecil yang ada di ujung pemecah ombak dan berfoto atau berselfie saat deburan air laut menghantam pemecah ombak, momen unik ini membuat Pantai Glagah menjadi salah satu pantai yang banyak di kunjungi wisatawan lokal ketika weekend ataupun hari libur.

Selain daya tarik dari pemecah ombak, pantai glagah juga terkenal dengan pelelangan ikannya. Menurut pengamatan dan cerita dari warga sekitar, sebelum secara resmi ditetapkan menjadi objek wisata dulu kawasan Pantai Glagah ini merupakan kawasan tempat nelayan berlabuh dan menyandarkan kapalnya, di sekitar area pantai juga terdapat bangunan khusus yang menjadi lokasi tempat pelelangan ikan segar hasil dari tangkapan nelayan yang baru pulang dari laut. Sampai saat inipun masih banyak nelayan yang memanfaatkan pantai ini sebagai tempat berlabuh, namun sekarang sudah dibedakan antara kawasan wisata dengan lokasi berlabuh kapal milik nelayan setempat.

Bagian 2: 4 Pantai Eksotis di Joga Selain Pantai Parangtritis

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top